Pulang Kampung, Ramdjan Datunsolang Ajak Warga I’tikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan 1445 Hijriah

MANADOLIVE.CO.ID, KOTAMOBAGU – Menjelang Salat Tarwih di malam ke 24 Ramadhan 1445 Hijriah, Ramdjan Datunsolang diminta membawakan ceramah singkat di Masjid Ar-Rahman kelurahan matali kotamobagu, Jumat 5 April 2024.

Dalam ceramhnya, dihadapan ratusan jamaah Salat Tarwi, ia mengajak agar di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini seyogyanya memperbanyak sholat sunah dan amal sholeh.

Selain itu ia meminta agar di masjid Ar-Rahman yang merupakan masjid Jami di Kelurahan Matali agar di 10 malam terakhir Ramadhan di lakukan I’tikaf sperti yang dianjurkan Rosululah Saw.

Setelah membawakan ceramah singkat, Ramdjan juga dipercayakan menjadi Imam pelaksanaan salat tarwih.

“Insyaallah mulai besok malam kita lakukan I’tikaf di Masjid ini bersama para jamaah yang ikut,” ujar Ramdjan ketika di sambangi media ini, se usai salat tarwih.

Ia pun menerangkan agenda yang akan di laksanakan di Masjid Ar-Rahman pada Sabtu besok malam, selesai sholat tarawih bersama para jama’ah.

“Jadi setelah salat tarwih di Masjid ini kami bersama Badan Takmir Masjid masih akan melayani masyarakat untuk pengeluaran Jakat Fitrah setelah itu istrahat sejenak dan sekira jam 12 kita bersama para jamaah melakukan iktikaf dengan salat-salat sunah seperti solat tobat dan tasbih kemudian dilanjutkan dengan salat Tahajud bersamah,” Terang Ramdjan.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan I’tikaf mereka menghadirkan dua Qori’ penghafal Al-Qur’an dari pesantren di Jawa untuk memandu membaca Al-Quran, Salat Tahajud dan melakukan Istigosah. Mereka juga akan melakukan sahur bersama dan diakhiri dengan solat subuh.

Dikesempatan itu pula, Ramdjan Datunsolang yang merupakan Sekretaris Korpri Kota Gorontalo mengaku pulang ke kampung Selin lebaran bersama keluarga, juga diminta untuk menjadi Khotib pada Salat Idul Fitri 1445 Hijriah nanti.

“Harusnya hari libur mulai pada 8 April Senin depan, tetapi saya sudah meminta izin duluan. Alhamdulillah bisa mengajak Jamaah Masjid Ar-Rahman untuk melakukan I’tikaf,” ujarnya.

“Semoga dengan niat kita melaksanakan puasa, salat dan amal sholeh yang kita lakukan selama bulan Ramadhan ini bisa diterima dan mendapatkan Ridho dari Allah SWT,” tandaanya,***

Penulis: Awi Alopa




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *