Kapolres Mitra Ajak Warga Sukseskan Pilkada 9 Desember

MITRA,MANADOLIVE.CO.ID – Suksesi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) pada 9 Desember 2020 terus bergulir.

Pihak penyelenggara baik KPU dan Bawaslu terus memaksimalkan pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada, diantaranya melalui kegiatan sesosialisasi.

Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), sesuai jadwal, program dan tahapan yang berlangsung, KPU Mitra baru saja melaksanakan penyuluhan produk hukum kepada stakeholder terkait.

Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono yang didaulat sebagai pembicara saat membawakan materi, mengajak seluruh stakeholder umumnya warga masyarakat untuk ikut mengawasi sekaligus mensukseskan hajatan pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Pada hakekatnya, pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah bukan hanya menjadi tugas lembaga penyelenggara baik itu KPU maupun Bawaslu. Dalam ketentuan perundang-udangan, masyarakat sebagai aktor utama juga punya tanggung jawab untuk ikut mengawasi  dan mensukseskan seluruh tahan dan proses Pilkada,” sebut Hartono.

Secara formal sambung Hartono, ranah pengawasan tahapan Pilkada memang menjadi tugas dari Bawaslu bersama seluruh jajarannya. Namun demikian, seluruh pemangku kepentingan didalamnya masyarakat tidak boleh berpangku tangan akan tetapi harus berpartisipasi secara aktif dalam rangka mewujudkan Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

“Kepolisian akan bekerja dan bertindak sesuai kewenangan yang diberikan undang-undang dalam rangka mengawal dan mengamankan Pilkada 9 Desember 2020. Karena itu, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi sekaligus berkontribusi mensukseskan Pilkada dengan menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing,” seru Hartono.(Dolfi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *